Menkumham Ingatkan Bela Negara Pada Ribuan Mahasiswa UB Demi Indonesia Emas

Menkumham, Yasonna Laoly saat di Universitas Brawijaya
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly hadir dalam Studium General Bela Negara di Universitas Brawijaya, Malang, pada Kamis, 14 September 2023. Dia meminta pada ribuan mahasiswa yang hadir untuk bersiap menyongsong Indonesia Emas di 2045 mendatang. 

Disangka Guyonan, Rizky Boncell Tegaskan Serius Maju Calon Wakil Wali Kota Malang

"Bangsa ini nantinya ditentukan oleh generasi muda sekarang. Jadi sikap bela negara sangat penting bagi calon calon pemimpin bangsa. Maka mahasiswa harus dibekali sejak awal," kata Yasonna Laoly. 

Yasonna menuturkan dalam menuju Indonesia Emas ada sejumlah tantangan yang harus dilalui. Pertama soal perkembangan teknologi dan keterbukaan media sosial yang kian berkembang. Ancaman lainnya, didominasi oleh perebutan wilayah. 

Jelang Penutupan Pendaftaran Calon Bupati, Sumrambah dan Gus Han Resmi Daftar di Demokrat Jombang

Namun disisi lain ancaman globalisasi ekonomi, transnasional seperti terorisme, radikalisme, kerusakan lingkungan hidup hingga potensi kesenjangan sosial ekonomi dan politik juga menjadi tantangan Indonesia. 

"Namun saat ini dapat ditunjukkan dengan sikap kita sebagai warga negara Indonesia untuk menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan ideologi Pancasila," ujar Yasonna. 

Golkar Kota Malang Tidak Buka Pendaftaran, Sofyan Edi Diusung Jadi Wali Kota

Dia pun mengajak para generasi muda untuk turut serta dalam menyongsong Indonesia Emas. Salah satunya dengan menanamkan sikap bela negara sejak muda.

Menurutnya, bela negara tidak melulu harus ditunjukkan melalui perang secara fisik dengan penjajah seperti yang dilakukan para pejuang dan pendiri bangsa Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title