CoE Metaverse UMM Bikin Pengunjung Edufair MBKM Penasaran

CoE metaverse UMM
Sumber :
  • Humas UMM.

Malang – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pamerkan dua kelas keahlian yakni Center of Excellence (CoE) Metaverse dan CoE Koi dalam pameran pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digelar Kemendikbudristek beberapa waktu lalu. 

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

Dua hal ini menarik antusiasme pengunjung, bahkan ada sederet yang mencoba bagaimana rasanya masuk ke dunia metaverse. Perlu diketahui, metaverse adalah dunia virtual komunitas tak terbatas yang saling terhubung. 

Teknologi ini merupakan kombinasi dari beberapa elemen teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan video. Dalam dunia Metaverse, manusia dapat bertemu bahkan berinteraksi seperti layaknya dalam dunia nyata. Bahkan kelak diprediksi mampu melahirkan perubahan besar di dunia, mulai dari sistem pendidikan, pemerintahan, bahkan dunia pariwisata.

Sopir Angkot hingga Ojol di Kota Batu Sumringah Usai Dapat Bantuan dari Pemkot

Mahasiswa pendamping, Nuril mengatakan bahwa timnya sudah merancang sebuah kota masa depan di Metaverse UMM. Mereka juga memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mencoba menggunakan Oculus Rift, yakni peranti layar ikat kepala untuk menampilkan realitas virtual. 

“Kami menyediakan dua alat oculus yang memungkinkan peserta ikut merasakan bagaimana rasanya hidup di dunia buatan,” kata Nuril, Rabu, (16/11/2022). 

Pekan Panutan Pajak, Mas Adi Tekankan Pentingnya Kesadaran Membayar Pajak 

Salah satu mahasiswa yang turut berkunjung adalah Lina. Ia mengaku antusias berada di stand UMM. Tidak hanya menyajikan hal-hal berbau teknologi, tapi juga entrepreneurship melalui budidaya ikan koi. Mulai dari pengecekan air, cara merawat hingga bagaimana memasarkannya.

“Dua CoE UMM ini sangat menarik. Satunya berfokus pada teknologi dan dunia masa depan, ada juga yang berfokus pada pengembangan ekonomi melalui Koi. Saya akan mencoba mendaftar dan menjadi bagian dari sekolah unggulan ini. Apalagi ada lebih dari 40 CoE yang tersedia,” ujar Lina. 

Halaman Selanjutnya
img_title