Mantan Wali Kota Blitar Eks Napi Suap Yang Kini Jadi Tersangka Perampokan

Mantan Wali Kota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar
Sumber :
  • ANTARA Foto/Wahyu Putro

MalangKepolisian Daerah Jawa Timur menangkap Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar atas dugaan terlibat dalam peristiwa perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso pada pada 12 Desember 2022 lalu. 

Sementara Tinggalkan Zona Degradasi Arema FC Langsung Fokus Hadapi PSM

Samanhudi adalah eks narapidana kasus suap. Dia baru saja keluar dari lembaga pemasyarakatan atas perkara suap proyek gedung SMPN 3 Kota Blitar yang ditangani KPK.

Dikutip dari VIVA.co.id Samanhudi lahir di Blitar pada 8 Oktober 1957. Di kancah politik, ia pernah aktif sebagai kader PDIP. Berangkat dari Partai Banteng itulah dia berhasil menjadi Wali Kota Blitar selama dua periode, yakni pada 2010-2015 dan 2015-2019.

Live Streaming Yordania U23 vs Indonesia U23 di Piala Asia U23 2024

Pada Pilkada 2010, ia berpasangan dengan Purnawan Buchori meraup suara terbanyak dengan perolehan 16.060 suara. Ia unggul di 21 kelurahan. Periode kedua, kepemimpinan Samanhudi harus terhenti di tengah jalan karena tersandung perkara suap proyek gedung SMPN 3 Kota Blitar yang diusut KPK pada 2018.

Samanhudi dihukum selama 4 tahun 4 bulan. Setelah sempat berpindah-pindah, Samanhudi kemudian menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Sragen, Jawa Tengah. Nah, di lapas inilah Samanhudi bertemu dengan NT, AJ dan AS, yang begitu keluar dari penjara berkomplot merampok rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso.

Marselino Ferdinan Target Menang Lawan Yordania U23: Kita Gak Punya Mental Imbang atau Kalah

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Totok Suharyanto mengatakan, rencana aksi perampokan itu dirancang Samanhudi bersama rekannya saat sama-sama mendekam di Lapas Sragen.

“Di sana mereka ketemu dan memberikan informasi, yang selanjutnya oleh Saudara NT dan lima orang (ersangka) itu melakukan curas (pencurian dengan kekerasan) di bulan Desember 2022,” kata Totok di Markas Polda Jatim di Surabaya, Jumat, 27 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title