Melihat Budidaya Lobster Air Tawar di Jombang

Ali Zubaidi saat menunjukkan lobster hasil budidayanya
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA Lobster air tawar memiliki warna biru yang cerah disertai bentuk tubuh yang terlihat kekar dan anggun menjadikan daya tarik tersendiri bagi setiap orang untuk menarik memeliharanya.

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Penampilannya yang cantik, membuat sebagian orang menjadikan lobster sebagai hiasan di akuarium. Tak sedikit pula yang membudidaya lobster untuk dikonsumsi lantaran manfaat dan rasa gurih yang tidak jauh berbeda dengan lobster air laut.

Ditemui di rumahnya, Ali Zubaidi (34 tahun) menceritakan awal membudidayakan lobster air tawar. Dia mengaku tingginya rasa ingin tahu dan kegigihannya untuk terus belajar, membuatnya berhasil membangun budidaya lobster sejak 2 tahun lalu.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

Dengan memanfaatkan halaman belakang rumahnya, Ali mulai membangun beberapa kolam pembiakan lobster. Di sampingnya, terdapat belasan bak tempat induk lobster mengerami telur-telur calon burayak (bibit lobster).

Sirkulasi air dan sistem pembersihan kolam diaturnya sedemikian rupa sehingga membuat lobster-lobsternya nyaman dan bisa beradaptasi. Begitu pula dengan suhu ruangan yang dijaga ketat menggunakan atap supaya cahaya matahari tak banyak masuk ke rumah budidaya rancangannya.

Antusiasnya Ratusan Anak Ikut Lomba Menggambar dan Berhitung PPLIPI Pasuruan

Ali mengatakan, jauh sebelum mencoba berkonsentrasi pada pembenihan, dirinya memulai usahanya dengan menjual lobster sebagai lobster konsumsi.

Seiring waktu, Ali mulai merasa peluang budi daya lobster air tawar ini semakin baik karena tren permintaan untuk konsumsi meningkat. Ia pun mulai melakukan pembesaran lobster air tawar di kolam-kolam yang ia miliki.

Halaman Selanjutnya
img_title