Mebiso X Dinas Koperasi dan UKM Jatim Ajak UMKM Untuk Bersaing di Era Digitalisasi

Mebiso beri pemaparan cara memilih kelas merek
Sumber :
  • istimewa

Malang, VIVA – Jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia terus bertambah. Hal ini tentunya memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi nusantara.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM menyumbang lebih dari 61,9 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB) dengan jumlah 64,2 juta unit usaha. Serta, UMKM juga menyerap sebanyak 97 persen tenaga kerja.

Meski demikian, masih ada berbagai tantangan yang dihadapi oleh UMKM seperti persaingan dagang yang ketat. Sehingga, sederet pelaku bisnis ini harus memiliki pengetahuan untuk mengembangkan brand dan merek dagang yang kuat.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Strategi branding dan merek dagang yang efektif tidak hanya membantu UMKM membedakan diri mereka dari pesaing, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan dalam hal legalitas bisnis. 

Tanpa perhatian yang memadai terhadap branding dan pendaftaran merek, UMKM berisiko kehilangan peluang untuk tumbuh dan berkembang akibat kurangnya akses ke pasar yang lebih luas, dan rendahnya kesadaran akan pentingnya branding dan merek dagang.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada UMKM mengenai pentingnya brand dan merek dagang untuk pertumbuhan bisnis mereka. Berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Mebiso ingin memberikan wawasan mendalam kepada UMKM tentang pentingnya brand dan merek dagang serta dampaknya jika tidak diperhatikan dengan baik. 

Kegiatan tersebut bertajuk “Rahasia Jualan Makin Cuan : Strategi Praktis Amankan Merek Bisnis” yang digelar pada Rabu, 20 September 2023 di KUKM Space Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 UMKM dari berbagai sektor.

Halaman Selanjutnya
img_title