Usai Terima Daging Kurban Begini Cara Pengolahan yang Sehat

Tradisi mengarak kambing di Temenggungan, Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang, VIVA Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammdiyah Malang (UMM) Edi Purwanto membagikan tips membuat olahan daging yang sehat saat hari raya Idul Adha. Dimomen ini biasanya masyarakat berkumpul dengan keluarga untuk menikmati berbagai olahan daging kurban.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Edi menuturkan, sebagian masyarakat mengonsumsi daging berlebihan akan membahayakan kesehatan. Terutama yang sudah berada pada usia rentan dan penyintas penyakit tertentu.

Di Indonesia, hewan yang biasanya disembelih adalah sapi dan kambing. Keduanya memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Banyak mitos yang beredar bahwa daging kambing jauh lebih tidak sehat dibandingkan daging sapi. 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Namun Edi membantah hal itu. Menurutnya, kedua daging tersebut sama sama memiliki kandungan nutrisi hewani yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

“Daging sapi dan kambing itu bagus untuk kesehatan, namun akan sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan apalagi saat momen Idul Adha," kata Edi, Jumat, 30 Juni 2023. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Kebanyakan masyarakat Indonesia mengolah daging kurban dengan disate. Selain rasanya yang enak, memasak sate juga menumbuhkan kedekatan antar keluarga. 

Edi menilai bahwa tidak ada batasan usia bagi yang ingin menikmati olahan sate tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah riwayat penyakit yang diderita seseorang. Apalagi saat ini, penyakit penyakit seperti jantung, tekanan darah rendah bahkan hipertensi bisa menyerang siapa saja. Bukan hanya mereka yang berusia lanjut.  

Halaman Selanjutnya
img_title