Pengunjung Gunung Bromo Dilarang Keras Bawa Petasan saat Libur Nataru

Sarapan di Gunung bromo
Sumber :
  • dokumen bromo project

Malang – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) selaku otoritas pariwisata di kawasan ini memperingatkan wisatawan yang akan berlibur untuk mentaati aturan di daerah itu. Salah satunya dilarang membawa petasan saat libur natal dan tahun baru ini. 

Wujudkan Emansipasi Wanita, Ada Penampakan Baru pada Pelayanan SIM Satlantas Polres Jombang

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan, Sarif Hidayat mengatakan, pelarangan membawa petasan untuk menjaga kelestarian kawasan konservasi TNBTS. Pembatasan ini juga berkaitan dengan pembukaan dan penutupan Wulan Kapitu alias megeng dalam kepercayaan warga Tengger. 

"Pengunjung wajib memegang karcis masing-masing, mengutamakan keselamatan. Membawa sampah kembali pulang atau keluar kawasan. Dilarang membawa narkoba, barang berbahaya lainnya sepertibpetasan, bahan peledak dan lain-lainnya, mematuhi semua peraturan yang berlaku dalam kawasan konservasi," kata Syarif, Kamis, 22 Desember 2022. 

Polres Malang Bongkar Praktik Industri Rumahan Sabu di Jatim

Syarif mengungkapkan, status aktivitas vulkanologi Gunung Bromo masih level II alias waspada. Sehingga pengunjung atau wisatawan dilarang mendaki ke kawah Gunung Bromo demi keselamatan. 

"Pembelian secara online. Diberlakukan kuota yang tersedia di website, jika kuota habis wisatawan tidak dapat masuk ke kawasan atau kembali pulang," ujar Syarif. 

Rekayasa Lalin di Sawojajar Dilakukan 5 Hari, Efek Pipa PDAM dan Jalan Ambles

Berdasarkan data dari laman resmi https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org pada 31 Desember 2022 sudah ada sebanyak 2.126 orang wisatawan yang melakukan booking online. Jumlah tersebut bersifat kumulatif kunjungan wisatawan ke lima titik site yaitu Bukit Cinta, Bukit Kadaluh, Mentigen, Pananjakan dan Savana Teletubbies. 

Sementara pembatasan kunjungan wisata pada pembukaan dan penutupan Wulan Kapitu. Pada awal Wulan Kapitu pada Jumat 23 Desember 2022 besok. Mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan Sabtu, 24 Desember 2022 pukul 18.00 WIB. 

Halaman Selanjutnya
img_title