Inflasi Jadi Masalah Dunia, Ini yang Akan Dilakukan Pemerintah

Inflasi Jadi Masalah Dunia
Sumber :
  • Pixabay

Malang – Dampak dinamika geopolitik global tak hanya dirasakan oleh Indonesia saja, namun juga berbagai negara di seluruh belahan dunia.

PKL Pasar Pagi Belum Terima Kabar Rencana Perpindahan ke Pasar Induk

Hal tersebut terlihat dari adanya inflasi akibat kurangnya pasokan komoditas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan, lonjakan inflasi yang tinggi merupakan musuh bersama di ranah global, yang harus dihadapi oleh negara-negara tersebut.

Dukung Penyintas ODGJ Berdaya, Mebiso Bantu Pendaftaran Merek Produk hingga Pemasaran Secara Gratis

"Secara global masalah inflasi ini jadi musuh bersama (bagi negara-negara di dunia)," kata Airlangga dalam telekonferensi, Rabu 14 September 2022.

Dia memaparkan, tingginya inflasi itu antara lain sebagaimana yang terjadi di Amerika Serikat (AS), dengan inflasinya yang mencapai sebesar 8,3 persen.

Musim Hujan, Harga Buah Melon di Jombang Naik

Hal serupa juga dialami oleh Turki yang inflasinya mencapai 80,21 persen, Rusia 14,30 persen, dan Uni Eropa sebesar 9,78 persen.

"Dibandingkan dengan Turki (yang inflasinya mencapai) 80 persen, tentu kita tidak ingin mencontohnya. Tapi meskipun inflasi Indonesia hanya 4,69 persen, itu Karena (dampak dari) transmisi inflasi impornya belum masuk karena kita masih disubsidi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title