Cuaca Ekstrem, Harga Tomat dan Bawang di Pasar Jombang Meroket

Pedagang sayuran di Pasar Citra Niaga (PCN) Jombang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVACuaca tak menentu yang terjadi di bulan Maret 2024 ini, membuat harga sayuran di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan harga.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Seperti di Pasar Citra Niaga (PCN) Jombang, harga tomat yang sebelumnya Rp12.000 per kilogramnya naik tinggi hingga dua kali lipat lebih.

Nur Halimah (38 tahun) pedagang sayuran di PCN Jombang mengatakan, ada dua jenis sayuran yang mengalami kenaikan harga dan tergolong sayuran mahal.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

"Tomat sama bawang putih yang mahal. Tomat, sekarang jadi Rp27.000, per kilogramnya, sebelumnya harga tomat paling mahal, Rp12.000, per kilogramnya, sekarang jadi Rp27.000 per kilogram," kata Halimah, Selasa, 19 Maret 2024.

Selain tomat yang harganya mahal, bawang putih juga mengalami kenaikan harga. Dimana sebelumnya harga bawang putih per kilogramnya Rp32.000 per kilogramnya, kini mengalami kenaikan Rp5.000 per kilogramnya.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

"Bawang putih sebelumnya Rp32.000, per kilogram. Sekarang naik jadi Rp37.000, per kilogramnya," ujarnya.

Ia menegaskan kenaikan harga tomat dan bawang putih ini terjadi selama sepekan lebih. Dan kenaikan harganya berlangsung secara bertahap. Hal ini dipicu oleh cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

Halaman Selanjutnya
img_title