Iseng-iseng, Warga Jombang Dapat Untung dari Kerajinan Pot Mini Bonsai

Produksi pot mini untuk tanaman bonsai
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Berawal dari hobi budidaya tanaman, Budi Santoso (40 tahun) warga asal Desa Plandi, Kecamatan Jombang sukses membudidaya tanaman bonsai, sekaligus memproduksi pot bonsai mini.

Jangan Lewatkan! Live Streaming Irak U23 vs Indonesia U23 di RCTI dan Vision+

Untuk tanaman bonsai adalah hobi yang berawal dari iseng. Keisengan itu berlanjut di tahun 2020 di tengah hantaman Pandemi COVID-19 dia berusaha membuat pot bonsai unik dari tangan dinginya. 

Di luar dugaan hasil karyanya banyak dilirik oleh pecinta tanaman bonsai hingga banjir pesanan. Dia bahkan meraih keuntungan jutaan rupiah setiap bulan. Uang itu pun digunakan untuk keperluan sehari-hari dan biaya sekolah buah hatinya. 

Nekat Jual Sabu-sabu, Tukang Las Dibekuk Polisi

"Saya di sini membuat pot mame, pot small, sama sito juga ada di sini. Usaha ini sudah sejak tahun 2020," kata Budi, Minggu 12 November 2023.

Pot bonsai mini yang dia buat berbahan dasar semen. Awalnya dia hanya berjualan bonsai. Saat mencoba-coba memproduksi pot ternyata pelanggan bonsai juga berminat membeli pot mini karyanya. 

DPP PPP dan PKB Beri Sinyal Koalisi pada Pilkada, di Jombang Belum Ada Gambaran

"Awalnya di sini saya jual bahan bonsai, terus ada konsumen tanya ini potnya mana, dari situ saya punya inisiatif untuk membuat pot mame, sito, kemudian small ini. Dari situ banyak orang tau kemudian pesan-pesan gitu," ujar Budi. 

Setelah pot mame buatannya diketahui para penggemar tanaman bonsai, Budi mengaku pesanan mulai ramai berdatangan. Bahkan ia kuwalahan melayani pesanan yang datang dari berbagai daerah.

Halaman Selanjutnya
img_title