Roti Bien Produk Asli Malang Yang Ingin Jelajahi Pasar Nasional

Roti Bien saat selesai dipanggang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Kota Malang dikenal sebagai surganya kuliner di Jawa Timur. Menu yang paling dikenal adalah bakso dan pia mangkok. Tetapi ada banyak kuliner enak yang bisa dijumpai di daerah ini. 

Sopir Angkot hingga Ojol di Kota Batu Sumringah Usai Dapat Bantuan dari Pemkot

Salah satunya adalah roti. Namanya roti Bien akronim dari Binko dan Endang sang pencipta roti. Mereka mengklaim bahwa roti ini adalah resep warisan keluarga yang pertama kali mereka pasarkan pada tahun 1998. 

"Ini resep keluarga. Dulu sering membuat ini untuk keluarga di rumah. Pada tahun 1998 kami merantau ke Jakarta. Kami mencobanya untuk berjualan keliling. Resep ini kami bawa dari Malang ke Jakarta," kata pemilik resep Roti Bien, Ester Endang Purwanti, Minggu, 12 Maret 2023. 

Pekan Panutan Pajak, Mas Adi Tekankan Pentingnya Kesadaran Membayar Pajak 

Merk Roti Bien kini dikelola oleh anak Endang bernama Ajar Ajiatma Prayogi Isham. Dari berjualan keliling mereka mulai mengekspansi melebarkan bisnisnya. Di awali di Malang. Outletnya ada di Jalan MT Hartono, Mal Olympic Garden (MOG), Malang Town Square (Matos), Gajahmada Mal, dan yang terbaru membuka gerai di Stasiun Kota Baru Malang sisi Timur.

"Kita ingin mengembangkan di seluruh mal dan stasiun di seluruh Indonesia. Kita mulai di Malang sebagai kota asal dan segera menuju ke seluruh wilayah Indonesia. Jadi kami ingin outlet kami ada disetiap stasiun," ujar Ajar. 

Tempat Karaoke Berkedok Kafe di Jombang Dirazia Polisi saat Ramadan

Roti Bien yang memiliki tekstur lembut dengan berbagai macam rasa. Mulai dari kurma, durian, coklat, kacang hingga ayam pedas. Roti panggang ini sangat cocok dinikmati selagi hangat ataupun bisa juga untuk oleh-oleh kerabat.

"Ini cocok untuk menemani mereka (wisatawan) saat bepergian maupun untuk oleh-oleh. Apalagi sekarang kita tahu, transportasi kereta ini lebih dimintai juga, jadi kita sasar ke situ," tuturnya.