Jannaka Foundation Geber Program Warung Bergulir

Janaka Indonesia Group Geber Program Warung Bergulir
Sumber :
  • istimewa

Malang – Sampai saat ini, kesejahteraan guru di tingkat Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih menjadi isru yang memprihatinkan. Hal tersebut membuat Jannaka Indonesia Group melalui Yayasan Jannaka, memberikan solusi jangka panjang dengan Program Pinjaman Pemodalan Warung Bergulir.

16 Karang Taruna di Malang Sukses Bangun Potensi Desa Lewat Ramadan Heppiii

Pendiri Jannaka Group, Rino Lande selaku pendiri Janaka Group mengatakan program tersebut digelar sebagai salah satu cara untuk mencari solusi secara partisipatif terhadap para guru terkait kebutuhan finansial.

Mereka memberikan kesempatan kepada para guru untuk membentuk 10 kelompok untuk mengelola dukungan modal usaha yang diberikan ini akan berjalan sesuai rencana.

Live Streaming Indonesia U23 vs Australia U23 di RCTI+ dan Vision+

"Nanti anggota yang ada di kelompok itu ikut memonitoring penerimaan bantuan sebelumnya. Karena mereka merupakan waiting list, penerimaan bantuan selanjutnya. Jadi, kalau yang penerima awalnya tidak sukses, maka yang di bawahnya ini tidak kebagian. Sehingga kita bagi setiap kelompok terdiri dari 3-5 orang," sambungnya.

Saat ini, sudah ada 10 warung pertama yang menerima bantuan diwajibkan menabung sebesar Rp10 ribu per warung atau per orang setiap hari. Jadi dalam sebulan akan terkumpul Rp300 ribu per orang dalam sebulan, jumlah ini lalu dikalikan 10 orang, sehingga akan menjadi Rp3 juta.

Masyarakat Bakal Gugat Pemkot Batu Usai Adanya Sampah Terkubur di Stadion Brantas

"Sehingga di bulan berikutnya, akan terbentuk warung-warung baru dari anggota yang ada di bawahnya. Kategori yang diterima program ini orangnya harus mau berwirausaha, bertanggung jawab, dan amanah," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Ngantang, Sunardi mengatakan kalau program ini sangat diperlukan kerjasama para guru-guru TK dan Paud. 

Halaman Selanjutnya
img_title