Pertemuan Dua Mantan Dalam Duel Panas Arema Vs Persebaya

Pelatih Arema FC, Javier Roca
Pelatih Arema FC, Javier Roca
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Laga pekan ke 11 bertajuk Derby Jawa Timur mempertemukan Arema FC kontra Persebaya Surabaya. Derby Jatim terpanas ini bakal digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu, 1 Oktober 2022 mendatang. 

Menariknya dalam duel ini mempertemukan dua pelatih yang sama-sama pernah menjadi bagian dari kedua tim. Di kubu Singo Edan ada sosok Javier Roca yang tercatat pernah membela Persebaya semasa jadi pemain sepak bola. 

Sedangkan di kubu Bajul Ijo ada sosok legenda sepak bola Indonesia asal Malang yakni, Pelatih Aji Santoso. Dia tercatat pernah menjadi bagian dari skuat Singo Edan sebagai pemain sekaligus pelatih. 

"Ya menarik juga ya. Paling enggak kita pernah bela tim lawan. Paling tidak kita tau ciri khas tim dari dulu Persebaya dan ciri khas dulu dari Arema. Tapi kembali lagi, sekarang kan zaman berbeda. Paling ya kita sesuaikan dengan apa yang kita punya dalam tim. Ya paling tidak kita harus dapat hasil yang terbaik," kata Roca, Senin, 26 September 2022. 

Di luar faktor itu, Javier Roca memilih respek pada sosok Aji Santoso. Dia menilai Aji Santoso merupakan sosok pelatih lokal berpengalaman serta panutan bagi pelatih-pelatih baru seperti dirinya.

"Menurut saya dia itu adalah coach berpengalaman dan dia juga pernah menjadi pemain. Dia adalah coach lokal yang menjadi patokan saya dan pelatih lain yang sebenarnya masih belajar," tutur Roca. 

Selama masa persiapan ini dia memberikan sejumlah latihan baik fisik dan taktik pada Evan dimas Cs. Roca menganggap Persebaya lawan yang tidak mudah di kalahkan. Apalagi dari segi permainan dalam beberapa musim terakhir Persebaya bermain dengan skill tinggi.