Arkhan Dirumorkan Berkarir di Luar Negeri, Ini Motivasi Fernando Valente

Pemain Arema FC sekaligus penggawa Timnas U-20, Arkhan Fikri
Sumber :
  • Media Officer Arema FC

Malang, VIVA – Pemain muda Arema FC, Arkhan Fikri terus menunjukan performa terbaiknya seiring berjalannya waktu. Di level klub dia merupakan skuat utama Singo Edan di Liga 1. 

UMM Jadi yang Terbanyak se-Indonesia Dalam Loloskan Proposal di P2MW

Di level Tim Nasional Indonesia, Arkhan yang memulai dari kelompok umur U-17 kini telah masuk ke skuat utama tim Garuda. Dia menjadi satu-satunya pemain Arema FC yang dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. 

Belakangan mulai muncul rumor Arkhan akan bermain di luar negeri. Dia disarankan untuk meniti karir di luar negeri karena memiliki potensi yang bagus sebagai gelandang serang. Arkhan dianggap pantas bermain di Eropa seperti Marselino Ferdinan maupun pemain naturalisasi lainnya. 

Lutfil Hakim: PWI Malang Raya Harus Ikut Serta Memajukan Pembangunan di 3 Daerah

Pelatih Arema FC, Fernando Valente setuju saja jika Arkhan berkarir di luar negeri demi masa depannya sebagai pesepak bola profesional. Tetapi dia memberikan saran dan motivasi agar Arkhan terlebih dahulu mempersiapkan mentalnya sebelum memutuskan berkarir di luar negeri. 

"Pada saat dia keluar dari zona nyaman, Kemudian untuk pindah ke klub di luar negeri, itu perlu juga kekuatan mental untuk bisa keluar (berkarir di luar negeri)," kata Valente, Minggu, 15 Oktober 2023. 

PWI Dianggap Mampu Tarik Investor Untuk Pembangunan di Malang Raya

Arkhan saat ini bergabung bersama Timnas Indonesia untuk melakoni laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam. Valente berharap Arkhan benar-benar menunjukan mental yang kuat agar ketika berkarir di luar negeri dia meraih kesuksesan. 

"Karena pemain muda jika tidak punya mentalitas yang kuat, untuk bisa bertarung di area itu, mereka tidak bisa beradaptasi, tidak bisa menunjukkan kemampuan di lingkungan baru, pada akhirnya dia kembali lagi ke negara asalnya," ujar Valente. 

Halaman Selanjutnya
img_title