TGIPF Anggap Pengurus PSSI Tidak Bermoral

aksi diam aremania
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) telah merampungkan penyelidikan atas Tragedi Kanjuruhan. Tim yang diketuai oleh Menko Polhukam Mahfud MD ini dalam salah satu rekomendasinya meminta Ketua PSSI Mochamad Iriawan beserta jajaran Komite Eksekutif (Exco) sebaiknya mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Jelang Pilbup Malang, Lathifah Shohib Lakukan Pertemuan Intens dengan Rendra Kresna

PSSI sebagai otoritas pengelola sepak bola tanah air dianggap paling bertanggungjawab dalam Tragedi Kanjuruhan. Apalagi dalam tragedi ini sebanyak 135 Aremania dan Aremanita meninggal dunia. Sekitar 600 lebih mengalami luka-luka. 

"Rekomendasi itu ditujukan untuk orang-orang bermoral, disampaikan sebagai bangsa yang bermoral. Tetapi, secara tidak langsung pengurus PSSI yang diminta mundur, tapi tidak mengundurkan diri, berarti tidak bermoral," kata Akmal Marhali, Kamis, 27 Oktober 2022. 

Diduga Belum Kantongi Izin, Toko Modern di Jombang Nekat Buka

PSSI sampai saat ini masih mencoba membela diri dengan menyebut, bahwa pengunduran diri pengurus harus melalui Kongres Luar Biasa (KLB) sesuai statuta mereka. Sehingga meski korban jiwa mencapai ratusan belum ada gelagat mereka untuk mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban. 

Akmal mengatakan, bahwa sampai saat ini PSSI merasa tidak berdosa atas tragedi paling kelam dalam sejarah sepak bola Indonesia ini. Sebab, hingga 26 hari pasca Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu belum ada satupun pejabat PSSI yang menyampaikan pertanggungjawabnya. 

Satreskrim Polres Batu Bongkar Perjudian Sabung Ayam di Giripurno

"Ini 135 nyawa yang meninggal di Stadion Kanjuruhan dan ini amat sangat memprihatinkan. Tidak ada satupun yang mau bicara angkat muka untuk kemudian menyampaikan bahwa saya bertanggungjawab atas kasus ini," tutur Akmal. 

Menurut Akmal tugas TGIPF sudah selesai dengan memberikan seluruh laporan ke Presiden Joko Widodo. Saat ini yang seharusnya dilakukan pemerintah adalah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga untuk meminta PSSI menjalankan sejumlah rekomendasi yang diberikan oleh TGIPF. 

Halaman Selanjutnya
img_title