Kondisi Korban Tragedi Kanjuruhan Mulai Membaik

Kondisi Korban Tragedi Kanjuruhan Mulai Membaik
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Kondisi terkini pasien yang dirawat di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang mulai membaik. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur RSSA Malang, dr. Kohar Hari Santoso, Senin, 17 Oktober 2022.

Kasus Demam Berdarah Melonjak Tajam di Kota Batu

Dokter Kohar menyebut, saat ini, sudah ada 70 pasien yang diperbolehkan pulang. Namun, tetap harus melakukan rawat jalan atau kontrol rutin untuk memantau kondisi perkembangan pasien. 

“Ada yang bisa kontrol melalui fasilitas kesehatan terdekat, namun ada beberapa yang memerlukan perawatan lanjutan dari kami. Misalnya karena kontrol luka jahitan maka masih perlu kontrol disini. Kalo misalkan sudah mulai ringan bisa control di faskes terdekat,” imbuhnya.

Persiapan Pilkada Jombang, KPU Jombang Buka Pendaftaran untuk 105 PPK

Namun, masih ada delapan pasien yang masih mendapatkan perawatan instensif di RSSA. Empat pasien diantaranya, masih harus mendapatkan perawatan di ruang ICU, dikarenakan mengalami penurun kesadaran sehingga perlu dilakukan perawatan lebih lanjut.

“Ada berbagai kondisi yaitu benturan di kepala sehingga kondisi kesadarannya menurun, atau dalam Bahasa medis disebut Diffuse Axonal Injury (DAI). Kemudian ada yang di parunya mengalami Kontusio,” ujar dia saat menggelar konferensi pers di RSSA, Senin 17 Oktober 2022.

Immigration Corner di Universitas Brawijaya Demi Pelayanan Prima

Sebagai informasi, Diffuse Axonal Injury (DAI) merupakan kondisi pada pasien yang mengalami kehilangan kesadaran lebih dari enam jam yang terjadi cedera otak traumatic berat tanpa lesi masa intrakranial. 

Sedangkan Kontusio paru merupakan kondisi yang disebabkan oleh trauma tumpul pada dinding dada secara langsung yang dapat menyebabkan kerusakan parenkim, edema interstital dan perdarahan yang mengarah ke hipoventilasi pada sebagian paru. 

Halaman Selanjutnya
img_title