Tanggapi Tragedi Kanjuruhan, Ketua PP Muhammadiyah Harap Transparan

Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Ratusan orang meninggal dunia dalam Tragedi Kanjuruhan. Tragedi yang terjadi usai laga Arema Malang vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan ini mendapatkan sorotan masyarakat dunia. 

Jelang Pilbup Malang, Lathifah Shohib Lakukan Pertemuan Intens dengan Rendra Kresna

Pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan untuk mengungkap penyebab peristiwa tersebut.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir angkat bicara tentang pembentukan TGIPF dan Tragedi Kanjuruhan. Haedar meminta agar investigasi dilakukan secara transparan dan objektif. 

Diduga Belum Kantongi Izin, Toko Modern di Jombang Nekat Buka

"Muhammadiyah sejak awal selain berduka dan kita menyesalkan kejadian ini karena ini tragedi dunia. Kata kuncinya, investigasi yang objektif, terbuka dan transparan hasilnya nanti," ujar Haedar di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu 5 Oktober 2022.

Haedar juga meminta agar tak ada pihak yang berusaha menutupi fakta-fakta terkait Tragedi Kanjuruhan tersebut. Haedar mewanti-wanti jika Tragedi Kanjuruhan ini menjadi sorotan publik Indonesia maupun dunia. 

Satreskrim Polres Batu Bongkar Perjudian Sabung Ayam di Giripurno

"Jangan sampai ada usaha untuk menutupi apapun karena publik baik Indonesia maupun dunia memerlukan itu," tegas Haedar. 

Haedar menambahkan, lebih baik mengakui kesalahan yang terjadi daripada berusaha menutupi kesalahan yang ada. Haedar berharap dengan kejujuran dan transparansi, ke depan peristiwa serupa tak lagi terjadi.

Halaman Selanjutnya
img_title