Permainan Cepat dan Bola Pendek Persebaya Jadi Ancaman Arema

Pelatih Arema FC, Javier Roca
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Derby Jawa Timur paling bergengsi mempertemukan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Duel syarat gengsi berbalut rivalitas ini menjadi laga yang paling ditunggu oleh kedua suporter. 

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Peringati Hari Kartini Dengan Beauty Talkshow

Dari sisi teknis di lapangan Pelatih Arema FC, Javier Roca telah menganalisa kekuatan dan kelemahan pemain-pemain Persebaya. Sosok pelatih Aji Santoso di kubu Bajul Ijo tidak luput dari perhatian Roca dalam mempersiapkan tim sebaik mungkin. 

"Kalau Persebaya secara detail saya tidak mungkin bocorkan. Tapi paling tidak mereka sudah punya ciri khas permainan sejak 2 tahun lalu dipegang Coach Aji Santoso. Kita sudah tahu mereka main cepat dan bola pendek itu harus kita antisipasi," kata Roca, Jumat, 30 September 2022. 

6 Bidang Ilmu UB Masuk Pemeringkatan QS World University Rankings

Gaya main bola pendek dan permainan cepat Bajul Ijo bakal diantisipasi dengan kolektivitas antar pemain Arema. Dia menginstruksikan pemain Singo Edan untuk mengganggu penguasaan bola Persebaya dengan permainan solid. 

"Harapannya ada koneksi antar pemain yang akan kita coba untuk memutus itu. Paling penting adalah permainan kita harus kokoh. Kita tahu kalau dalam satu tim yang biasanya nyaman dengan full position kalau kita ambil bola mereka pasti bermain tidak akan nyaman," ujar Roca. 

Investasi di Kota Batu Naik 28,9 Persen

Di kubu Arema, Roca menampik anggapan Singo Edan selalu kesulitan mencetak gol karena lini depan kurang tajam. Dia mengatakan bahwa saat dirinya datang sebagai pelatih di tengah musim. Langkah awal yang dia lakukan adalah mengembalikan kepercayaan diri pemain. Sebab, dengan kepercayaan diri pemain bakal lebih lepas dalam bermain termasuk urusan mencetak gol. 

"Sebenarnya tidak banyak masalah tetapi kita harus memperbaiki semua aspek bukan cuma sekedar mencetak gol atau passing sukses. Saya datang ke sini paling tidak saya angkat kepercayaan diri pemain termasuk mereka yang selama ini kurang mendapat kepercayaan bermain. Banyak hal yang harus kita perbaiki untuk hasil yang terbaik," tutur Roca.