Kenakan Batik Deles Jombang saat Debat, Bentuk Nyata Pasangan Petahana Dukung Produk Lokal

Paslon nomor urut 1 saat debat publik pertama Pilkada Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Malang, VIVA – Pasangan Calon Bupati - Wakil Bupati (cabup-cawabup ) Kabupaten Jombang nomor urut 1, Mundjidah Wahab - Sumrambah, mengenakan batik deles Jombang, pada saat debat publik pertama kemarin.

Pemilihan busana batik deles Jombang ini, bukanlah tanpa alasan. Karena hal itu merupakan upaya promosi sekaligus bentuk nyata pasangan petahana pada produk lokal Jombang.

Menurut Mundjidah, industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Jombang memiliki persoalan pada sisi pemasaran. Untuk itu, diperlukan strategi promosi yang masif dan terstruktur agar produk lokal Kabupaten Jombang bisa bersaing dengan produk dari luar daerah maupun produk keluaran pabrik.

"Akar permasalahan IKM adalah pemasaran. Untuk itu, kita selalu (mempromsikan) memakai dan menggunakan produk Jombang. Saat ini kami (dalam debat) memakai batik deles, ini hasil produk Jombang," kata Mundjidah, Kamis 24 Oktober 2024.

Ia pun menegaskan bahwa, pada era pemerintahan kemarin, ia berencana untuk mengeluarkan kebijakan berupa dukungan ke produk pakaian lokal.

"Sebagai bagian dari upaya promosi, Nanti semua ASN akan menggunakan produk-produk Jombang," ujarnya.

Untuk mempromosikan produk IKM, Mundjidah menyebut jika upaya-upaya tersebut sudah dilakukan sejak pasangan ini menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jombang.