Debat Pilbup Jombang, Munjidah - Sumrambah Lebih Unggul Dari Warsubi - Salman Karena Berbasis Data

Paslon nomor urut 1 saat debat publik pertama Pilkada Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA â€“ Debat perdana pada Pemilihan Bupati Jombang (Pilbup Jombang) telah selesai diikuti pasangan calon (Paslon) nomor urut 1, Mundjidah Wahab - Sumrambah dan paslon nomor urut 2, Warsubi - Salmanudin Yazid. Para akademisi di Kota Santri pun memberikan penilaian atas performa para kontestan. 

Salah seorang akademisi di Kabupaten Jombang, Mukari sekaligus Dosen Ilmu Sosial dan Politik Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang menilai pasangan Mundjidah - Sumrambah tampil lebih baik daripada pasangan Warsubi - Salman. 

Debat sendiri dilakukan KPU di Ballroom Hotel Yusro, Jombang pada Sabtu 19 Oktober 2024 kemarin. 

Mukari menyebut, sebenarnya di awal kedua pasangan cabup-cawabup tampil cukup baik selama debat berlangsung. Namun, Mundjidah - Sumrambah konsisten tampil baik karena dalam penyajian materi mengacu pada data.

Mukari menilai dari awal hingga akhir, pasangan Mundjidah Sumrambah, sangat baik dari penampilan maupun saat menyampaikan gagasan. Bahkan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari panelis dari beberapa perguruan tinggi itu semua dijawab dengan lugas dan tuntas. 

"Kalau dari penampilan maupun substansi, saya memberi poin untuk pasangan 01. Boleh dikatakan, unggul daripada pasangan 02 dalam perdebatan semalam, di Hotel Yusro," kata Mukari, Senin 21 Oktober 2024.

Mukari menyebut pasangan Mundjidah - Sumrambah tampak lebih berpengalaman, saat mendapat pertanyaan panelis. Hal itu tampak saat mereka menyampaikan ide dan gagasannya.