Ribuan Warga Kecamatan Sumbermanjing Wetan Malang Masih Alami Kekeringan

Warga Sumbermanjing Wetan, Malang alami kekeringan.
Sumber :
  • VIVA Malang

Malang, VIVA – Kekeringan masih melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Malang. Dari data BPBD Kabupaten Malang, ada 3 Kecamatan yang masih secara rutin mendapat bantuan air bersih akibat krisis air.

Wilayah yang mengalami krisis air paling parah yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Ada 4 Desa di wilayah ini yang warganya kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehar-hari.

Di Desa Sumberagung misalnya. Warga di dua RW kesulitan air bersih, lantaran sumber mata air yang biasa digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat ini mengering. Sumur yang mereka miliki juga tak bisa diandalkan lantaran airnya keruh. Akibatnya, mereka harus mengandalkan bantuan air bersih yang dikirim pemerintah.

Kepala Desa Sumberagung, Muzayid menjelaskan bahwa kekeringan sudah dirasakan warga desanya sejak Agustus lalu. Namun, pengiriman bantuan air baru dilakukan pada bulan September.

“Kami bersurat untuk minta bantuan sejak Agustus, namun baru dilayani September karena statusnya darurat. Pendistribusian air bersih sejak awal September hingga hari ini. Kurang lebih satu bulan berjalan,” kata Muzayid, Senin, 7 Oktober 2024. 

Muzayid menambahkan, 441 Kepala Keluarga atau 1.352 jiwa yang terdampak kekeringan. Sejak September, warga mendapat bantuan air bersih, tandon portabel dan jerigen.

“Jadi sistem distribusinya satu tanki berisi 5.000 liter untuk 2 sampai 3 tandon portabel. Nanti warga mengambil air disitu menggunakan jerigen yang disediakan,” ujar Muzayid.