Gudang Dinas Pertanian di Pasuruan Terbakar

Kondisi gudang pertanian di Pasuruan usai kebakaran
Sumber :
  • VIVA Malang (Hari Mujianto/Pasuruan)

Pasuruan, VIVAKebakaran melanda gudang pertanian milik Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, pada Kamis 19 September 2024. Peristiwa yang terjadi sekira pukul 02.00 WIB di Desa Patebon Kecamatan Kejayan ini mengakibatkan kerugian cukup besar.

Menurut keterangan saksi mata, Khoirul, api terlihat berkobar dari dalam gudang dan semakin membesar seiring berjalannya waktu. 

"Awalnya cuma asap, tapi lama-lama jadi besar banget apinya," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Lilik Wiji Asri, membenarkan kejadian tersebut. Ia mengungkapkan bahwa kebakaran menghanguskan dua sisi gudang yang digunakan untuk menyimpan berbagai aset, termasuk arsip penting Dinas Pertanian yang sudah lebih dari lima tahun.

"Karena keterbatasan ruang penyimpanan di kantor utama, kami terpaksa memindahkan arsip-arsip tersebut ke gudang," jelas Lilik. 

Selain arsip, sejumlah aset lainnya seperti kendaraan dinas berpelat L milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan dua traktor milik Dinas Pertanian juga menjadi korban si jago merah.

Meskipun kendaraan dinas yang terbakar sudah tidak layak pakai, namun proses penghapusan asetnya belum selesai sehingga masih disimpan di gudang.