Jadi Perhatian Warga, Satpol PP Jombang Bakal Turun Cek Dokumen Perizinan Pabrik Helm

Tempat usaha pembuatan helm di Desa Sebani.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Menjadi perhatian warga lantaran tidak melibatkan masyarakat sebagai tenaga kerja, pabrik helm yang ada di Desa Sebani, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang Jawa Timur, mendapat perhatian dari Satpol PP setempat.

Tak hanya itu, aparat penegak perda ini bakal menurunkan tim ke lokasi pabrik, untuk mengecek kelengkapan dokumen perizinan tempat usaha yang berdiri sejak tahun 2018 silam.

Kepala Satpol PP Jombang, Thonsom Pranggono melalui Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Jombang Moch Supakun mengatakan, pihaknya akan membentuk dan menurunkan tim untuk melakukan pengecekkan terhadap dokumen perizinan pabrik helm di Desa Sebani.

"Dalam waktu dekat akan segera panggil pemilik pabrik. Rencananya Minggu itu kita akan panggil pemiliknya," katanya, Sabtu, 6 Juli 2024.

Ia menegaskan pemanggilan itu bukan tanpa alasan, pemilik juga harus membawa dokumen perizinannya usahanya maupun perizinan lainnya. Agar permasalahan yang kini menjadi perhatian desa maupun masyarakat sekitar pabrik, bisa diketahui secara terang benderang.

"Tentu yang bersangkutan harus membawa dokumen-dokumen perizinannya, sekaligus untuk memastikan desas-desus yang beredar di masyarakat sekitar, termasuk pemerintah Desa," ujarnya.

Ia pun menegaskan pihaknya juga akan menerjunkan tim ke lapangan. Untuk mengetahui kondisi pabrik pembuatan helm tersebut. Apakah keberadaan pabrik tersebut sudah sesuai dengan ketentuan di peraturan atau sebaliknya.