Ujicoba Satu Arah di Kayutangan Heritage Berlaku Pekan Depan

Lalu lintas di kawasan Kayutangan Heritage
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Rencana uji coba satu di kawasan Kayutangan Heritage dan sekitarnya dipastikan akan dilakukan pada 20 Februari 2023. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang menegaskan ujicoba ini dipastikan berjalan usai mereka melakukan koordinasi dan sosialisasi.

"Iya resmi dimulai Senin 20 Februari 2023 sejak pukul 05.00 WIB," kata Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putra, Kamis, 16 Februari 2023. 

Rute ujicoba satu arah ini berlaku di Jalan Basuki Rahmat atau sepanjang jalan Kayutangan Heritage, Jalan Kahuripan dan Jalan Semeru. Masyarakat yang melintas dari Jalan Basuki Rahmat atau Patung Chairil Anwar atau selatan menjadi satu arah menuju perempatan Rajabali.

"Untuk Jalan Basuki Rahmat dari arah Kantor PLN Malang (utara) menjadi satu arah menuju perempatan Rajabali. Untuk Jalan Semeru akan menjadi satu arah hingga perempatan pizza hut Bromo dan kawasan Jalan Kahuripan akan menjadi satu arah hingga perempatan sebelum kantor Kodim 0833 Kota Malang," ujar Widjaja. 

Sedangkan, untuk kawasan Jalan Merdeka Timur akan berganti arah dari kawasan Hotel Pelangi menuju perempatan Gereja Hati Kudus. Sehingga pengguna jalan nantinya akan mengelilingi Alun-alun Merdeka Kota Malang. 

Ujicoba satu arah tentu saja berdampak pada trayek angkutan kota yang melewati jalan daerah rekayasa lalu lintas. Mulai dari trayek LDH (Landungsari-Dinoyo-Hamid Rusdi), ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari), MK (Madyopuro-Karangbesuki), AL (Arjosari-Landungsari), HA (Hamid Rusdi-Arjosari), MM (Madyopuro-Mulyorejo), AH (Arjosari-Hamid Rusdi) hingga AT (Arjosari-Tidar).

Untuk rute angkutan LDH mereka akan melewati Jalan Kiai Haji Hasyim Ashari dan Jalan Kawi jika sedang melaju ke arah Landungsari. Sedangkan saat menuju Hamid Rusdi akan melintas di Jalan BS Riadi, Jalan Jendral Basuki Rahmat, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu, Jalan Mojopahit, Jalan Sugyopranoto, Jalan Merdeka Timur dan Jalan Merdeka Selatan.