Indonesia Penonton Terbanyak Se-Asean Telkomsel Ajak Mahasiswa UMM Belajar YouTube
- Dok Telkomsel
Malang, VIVA – Telkomsel berkolaborasi dengan YouTube menggelar acara YouTube Campus Day. Even ini digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Selasa, 4 Juni 2024.
Vice President Consumer Business Area Jawa Bali Telkomsel Mirza Budiwan mengaku mereka ingin mendampingi kemajuan masyarakat khususnya di industri digital. Menurutnya, kehadiran internet ibarat pisau bermata dua, jika kita menggunakannya dengan tepat maka akan sangat bermanfaat.
"Seperti halnya konten YouTube yang dibuat oleh para konten kreator diharapkan tidak hanya memberikan hiburan semata, tetapi juga nilai edukasi bagi masyarakat," kata Mirza.
Setidaknya, lebih dari 350 mahasiswa UMM ikut dalam YouTube Campus Day. Sejumlah narasumber hadir di antaranya adalah Civic Strategic Partner Manager Youtube Presthysa Lestari.
Dia memberikan materi mengenai perkembangan YouTube, dampak positif yang dihadirkan. Termasuk kontribusinya bagi pendapatan domestik Bruto di Indonesia, yang memiliki jumlah penonton terbanyak di Asia Tenggara.
Selain itu, dua orang konten kreator yang juga merupakan alumni UMM, yaitu Wawa Yasaruna dan Hari Obbie Darmawan hadir untuk berbagi tips mengenai cara membuat konten yang menarik. Mulai dari pra produksi yang mencakup riset dan dan rencana tayang, peralatan yang digunakan untuk mengambil konten, pascaproduksi seperti storyline, editing, hingga cara monetisasi konten dengan maksimal.
Narasumber kompak menyampaikan bahwa konsistensi adalah kunci untuk dapat mempertahankan eksistensi bagi seorang konten kreator. Disamping juga perlunya memperhatikan frekuensi jumlah video yang tayang dan jenis konten yang ditampilkan.
"Dengan mengambil peran yang proaktif dalam mendukung perkembangan YouTube di kampus Indonesia. Telkomsel memainkan peran yang penting dalam memfasilitasi akses pendidikan dan peluang bagi mahasiswa, serta memperkuat hubungan dengan komunitas pendidikan di seluruh negeri," ujar Mirza.
"Semoga melalui acara ini dapat mendorong para peserta untuk menjadi content creator yang berkualitas dan berkontribusi untuk kemajuan lebih lanjut dalam ekosistem kreatif Indonesia,” tambah Mirza.