Pariwisata Bangkit, Kunjungan Wisata Bromo Meningkat Drastis

Wisatawan Menikmati Suasana Gunung Bromo
Sumber :
  • dokumen bromo project

Malang – Selama tahun 2020 sampai 2021, pemerintah memberikan aturan ketat terkait mobilitas masyarakat akibat adanya pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat beberapa sektor terdampak, utamanya pariwisata.

Namun, beberapa waktu belakangan, sudah mulai ada kelonggaran. Utamanya, terkait syarat bepergian. Hal ini tentunya memberikan angin segar terhadap sektor wisata yang sempat terpuruk.

Salah satu contoh, yakni wisata Gunung Bromo yang ada di kawasan Bromo, Tengger, Sememu. Saat momen libur lebaran, misalnya, ada kenaikan jumlah wisatawan sebesar 75 persen dari data yaman Nasional Bromo, Tengger, Semeru (TNBTS). Ternyata, kunjungan wisatawan tersebut terus mengalami peningkatan hingga saat ini.

Owner BromoProject.id, Jessica Aprilia Legi mengungkapkan, sejak akhir tahun 2021, dirinya sudah mulai kebanjiran orderan setelah dua tahun tak beroperasi.

"Sejak bulan November 2021, mulai rame, orang-orang sudah mulai banyak yang berwisata, kami dapat dampak baiknya. Kerugian dua tahun ini, bisa balik modal dalam waktu tiga bulan saja," ujar dia kepada Viva Malang, 25 Agustus 2022.

Perempuan yang akrab disapa Jeje tersebut menjelaskan, hingga bulan Agustus 2022 ini, dirinya sudah mendapatkan sekitar 184 trip. Dimana dalam satu trip atau satu rombongan, terdiri dari mininal lima orang.

"Rata-rata, mereka yang berwisata berasal dari Jawa Barat, Jakarta, Kalimantan. Ada juga bule dari Korea, Singapura hingga Eropa," papar Jeje.