Pemkot Batu Gandeng IPBI Kembangkan Potensi Ekonomis Kembang Potong

IPBI gali potensi bunga dan perangkai bunga di Kota Batu
Sumber :
  • Humas Pemkot Batu

Malang – Pemerintah Kota Batu akan menggandeng Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) untuk mengembangkan potensi kerajinan bunga potong. Di daerah wisata ini banyak ditemukan lokasi wisata petik bunga. 

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko meminta Dinas Pariwisata setempat untuk bekerjasama dengan IPBI. Terutama soal keterampilan merangkai bunga. Alasannya bisa meningkatkan nilai ekonomis bunga potong yang menjadi ciri khas Kota Batu.

"Mudah-mudahan IPBI bisa berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait dan desa untuk membantu mengembangkan nilai ekonomis bunga potong,” kata Dewanti, Selasa, 13 September 2022. 

Perlu diketahui saat ini, IPBI mengadakan pertemuan cabang IPBI se-Jawa Timur di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani Kota Batu. Alasan memilih Kota Batu karena merupakan daerah yang memiliki banyak kebun petani bunga. 

"Kota Batu sebagai penghasil bunga potong terbesar di Indonesia merupakan lokasi yang tepat untuk belajar langsung serta melihat lokasi kebun bunga. Dengan begitu bisa diharapkan peserta pertemuan ini dapat menggali potensi bunga dan perangkai bunga di Kota Batu," kata Ketua IPBI DPD Jatim, Louis R. Patty. 

Sementara itu, Ketua Umum IPBI, Lucia Raras Purwaningrum, memuji langkah aktif Pemkot Batu dalam mengembangkan hortikultura. Menurutnya, kolaborasi antar lintas sektoral bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi pasca Pandemi COVID-19. 

“Nantinya, hasil karya IPBI akan kita bawa ke Eropa dan kita ikutkan ke Pameran Rangkaian Bunga di Bali. Semoga IPBI se-Jatim khususnya IPBI Kota Batu turut mengikuti pameran tersebut,” tutur Lucia.