Ubah Limbah Jadi Tas Estetik Bernilai Tinggi Ala Wiralagabae

podcast Cerita Joni yang ditayangkan di youtube JNE ID.
Sumber :
  • Dok podcast Cerita Joni

Malang, VIVA – Konten kreator muda Wira Laga Bachtiar mampu meraup untung dari bisnis inovasi produk ramah lingkungan yang kini makin menjamur di tanah air. Bisnis daur ulang alias recyclen yang dia geluti banyak diminati para konsumen. 

Konten kreator asal Sidoarjo ini mempunyai brand Wiralagabae. Brand tersebut menjual produk tas-tas premium dengan bahan daur ulang. Wira berhasil mendapat perhatian pasar fashion Indonesia terutama di industri fashion ramah lingkungan. 

"Bahan yang saya pakai termasuk cover kasur dan jeans bekas yang sudah tidak terpakai,'' kata Wira dalam program podcast Cerita Joni yang ditayangkan di youtube JNE ID

Cerita Joni adalah program podcast yang diproduksi JNE mengenai kisah-kisah inspiratif enterpreneur dan UMKM di Indonesia. Wira menjadi salah satu bintang tamu karena kisahnya menginspirasi banyak orang. 

Ceritanya, Wira mengumpulkan bahan daur ulang dari pakaian bekasnya sendiri. Namun dia kini telah menjalin kerjasama dengan beberapa pemasok untuk meningkatkan produksi dan variasi produk. Dari sana, dia memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya, membuat konten menarik yang berhasil mendatangkan banyak pembeli baru. 

Tantangan besar industri fashion yang harus dihadapi oleh Wira adalah perputaran tren fashion yang sangat cepat. 

"Model yang populer bulan ini bisa jadi sudah berganti bulan depan. Ini mendorong saya untuk terus berinovasi dan menciptakan desain baru,'' ujar Wira.