Kisah Tanduria Hasilkan Omzet Jutaan Rupiah Lewat Penjualan Toko Online
- VIVA Malang / Uki Rama
Malang, VIVA – Salah satu UMKM di Malang, Tanduria mampu meraup omzet hingga Rp75 juta per bulan lewat pertanian berkelanjutan bersama 4.000 petani urban yang mayoritas adalah milenial. Mereka menjual berbagai kebutuhan pertanian dengan semangat memulai berkebun secara berkelanjutan dan ramah lingkungan, cukup dari rumah.
Omzet sebesar itu mereka dapat karena rutin memanfaatkan platform Tokopedia dan ShopTokopedia untuk memasarkan sekaligus mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga ketahanan pangan lewat urban farming.
"Saat ini, Tanduria telah membantu lebih dari 4.000 petani urban dalam mewujudkan ketahanan pangan. Para petani urban ini tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Malang, Surabaya, wilayah Jabodetabek, Medan dan masih banyak lagi," kata Founder Tanduria, Habib Thabrani, Rabu, 5 Juni 2024.
Tanduria memanfaatkan Tokopedia dan ShopTokopedia untuk menjangkau masyarakat dan petani di seluruh Indonesia.
“Hasilnya, Tanduria dapat memperoleh omzet hingga Rp75 juta setiap bulan lewat Tokopedia dan ShopTokopedia. Bahkan, saat mengikuti kampanye Beli Lokal, Tanduria mencatat kenaikan penjualan hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum bergabung dengan kampanye tersebut,” ujar Habib.
Di sisi lain, Tanduria juga memanfaatkan TikTok sebagai platform video singkat untuk membagikan tips-tips berkebun bagi masyarakat. Mereka sering membagikan tips dan edukasi berkebun bagi masyarakat melalui video pendek di TikTok.
"Seperti tips merawat tanaman di musim kemarau, teknik mencangkul, informasi media tanam, dan banyak info edukasi lainnya,” tutur Habib.
Tren penjualan produk di Malang dan Jawa Timur
Berkat berbagai kampanye dan inisiatif dari Tokopedia dan ShopTokopedia, beberapa kategori dan produk di Malang dan Jawa Timur alami kenaikan tertinggi jumlah transaksi selama kuartal I 2024 dibandingkan kuartal I 2023.
"Di Malang, Fashion, Groceries, Rumah Tangga, menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia," kata Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Data internal Tokopedia menunjukkan di Malang, rok plisket, ikat pinggang, dan jam tangan menjadi beberapa produk terlaris kategori Fashion di Tokopedia. Sedangkan minyak goreng, gula pasir, dan kopi sachet adalah beberapa yang paling laris di kategori groceries di Tokopedia. Lain hal nya di kategori rumah tangga, bantal kasur, pompa galon elektrik, dan keranjang sampah jadi beberapa produk terlaris di Tokopedia.
“Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, Fashion, Groceries, Olahraga dan Hobi, menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia,” ujar Rizky.
Data internal Tokopedia menunjukkan di Jawa Timur, kulot anak, cardigan muslim dan celana tidur adalah beberapa produk terlaris untuk kategori fashion. Obat mual dan pencernaan, minyak, dan gula menjadi yang paling laris di kategori groceries. Sedangkan diecast kapal, buku tanaman dan buku misteri, beberapa produk terlaris untuk kategori Olahraga dan Hobi.
“Selain itu di Jawa Timur beberapa produk seperti Baju Tidur mengalami rata-rata kenaikan jumlah transaksi 3 kali lipat, Hijab Instan naik 2,5 kali lipat, serta makanan ringan dan keripik naik lebih dari 2 kali lipat di ShopTokopedia selama kuartal I 2024 dibandingkan kuartal I 2023," tutur Rizky.