Harga Tiket Pesawat Naik, Sandiaga Khawatir Berdampak Pada Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno
Sumber :
  • Instagram sandi Uno

Malang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyoroti kenaikan harga tiket pesawat. sebab, ia khawatir akan berdampak pada jumlah wisatawan yang akan datang ke Indonesia pada akhir tahun ini. 

"Saya khawatir justru harga tiket mahal, ini yang harus kita sikapi dengan penuh kewaspadaan dan bijaksana, karena memasuki akhir tahun liburan ini harus diberikan solusi harga tiket terjangkau," kata Sandiaga di kepada awak media di Sarinah, Senin, 15 Agustus 2022.

Sandiaga melanjutkan, saat ini, jumlah wisatawan masih sangat positif. Berdasarkan data yang diperolehnya, penentuan wisatawan untuk berwisata bukan hanya harga.   

"Salah satu yang menjadi permasalahan itu harga tiket," katanya. 

Dengan demikian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta Kementerian Perhubungan terus melakukan pembahasan terkait harga tiket pesawat. Sehingga diharapkan dapat formula yang terbaik dan tidak menghantam sektor pariwisata. 

"Saya rutin sehari tiga kali kontak menteri perhubungan," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara menetapkan KM 142 Tahun 2022, tentang Besaran Biaya Tambahan (Surcharge) yang Disebabkan Adanya Fluktuasi Bahan Bakar (Fuel Surcharge) Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.